Sabtu, 20 Desember 2014

TERAS BERITA


Persaingan dunia pendidikan perguruan tinggi saat ini begitu pesat. Baik untuk perguruan tinggi negeri maupun swasta . Pemerintah pun mulai menerapkan standar tertentu untuk meningkatkan kompetensi perguruan tinggi. Beberapa universitas perguruan tinggi di bandung begitu menyadari dengan adanya persaingan ini. Salah satu cara untuk mendapatkan kemenangan dalam persaingan antar perguruan tinggi adalah dengan meningkatkan fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa untuk memperoleh kepuasan disamping peningkatan hal lainnya.

Fasilitas yang ada di perguruan tinggi menjadi salah satu dilema bagi mahasiswa. Hal inilah yang juga terjadi di dalam kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Bandung.  Fajrian, mahasiswa KPI 2013 mengungkapkan (9/12), “Bicara mengenai fasilitas kampus, tidak akan ada habisnya, Keluhan atas fasilitas seakan jadi bahan pembicaraan sehari hari mahasiwa di UIN bandung.”
Kebanyakan mahasiswa mengeluhkan fasilitas yang kurang memadai dalam hal, tidak adanya LAB di beberapa fakultas, kurangnya kantin di lingkungan kampus, kurangnya lahan parkir, toilet tidak nyaman, dan  sulitnya mendapatkan hotspot di lingkungan kampus.
Lebih tegas, fiki, mahasiswa KPI 2013 mengungkapkan (9/12), “Fasilitas yang didapat mahasiswa tidak memenuhi standar cukup, dengan kata lain kurang. Itulah salah satu alasan kami mengadakan aksi di lingkungan kampus ini dengan harapan pihak kampus yang bersangkutan akan lebih memperhatikan lagi sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan mahasiswa agar dapat menumbuh kembangkan dirinya.”



Why : mengapa hal itu terjadi?
  • -          Kurangnya perhatian dari pihak pengelola kampus
When : kapan terjadinya?
  • -          Sejak berdirinya kampus UIN SGD Bandung
Where : dimana hal ini terjadi ?
  • -          Di UIN Sunan Gunung Djati, Bandung
Who : siapa pelaku pelakunya?
  • -          Pihak Pengelola Kampus 
  • -     Mahasiswa di UIN Bandung
What : apa yang terjadi kemudian?
  • -          Berkurangnya ketertarikan mahasiswa untuk berada dikampus
  • -     Adanya kesulitan mahasiswa untuk menumbuh kembangkan dirinya
How : bagaimana respon dari mahasiswa?
  • -          Banyak keluhan yang diutarakan mahasiswa sehingga sering menjadi bahan diskusi mereka, bahkan sering kali mahasiswa melakukan aksi di lingkungan kampus terkait hal ini.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar